Thursday 20 January 2011

Satu Jam Lewat Tiga Puluh Menit

Satu jam lewat tiga puluh menit sudah aku berada di depan komputer mini ini
dan belum satu cerita pun berhasil aku tulis dengan tuntas
Beberapa ide sempat muncul, tapi di tengah perjalanannya,
terhenti dan hilang begitu saja
Rasanya jika kuteruskan, ceritanya terkesan memaksa
dan justru membuatku seakan-akan hanya membual saja
Tidak ada esensi dan arah yang jelas
Penuh kata tapi kosong makna
Mungkin karena sudah lama tak menulis
Jadi sedikit lupa ke mana arah yang dituju lalu tersesat di tengah jalan
Kuputuskan berhenti mencari-cari alamat yang benar
daripada menghabiskan waktu

Satu jam lewat tiga puluh menit
rasanya sudah ku sia-siakan dengan berpikir dan mencari
setitik inspirasi yang tidak pernah muncul
Di mana sekarang aku merasa terlalu memaksakan diri
Ingin mencoba membuat sesuatu tetapi justru dalam prosesnya
aku membuang sesuatu yang lain begitu saja
Lebih buruk lagi, dari awal kutekan tombol power on di komputer ini
tidak terlintas satu alasan pun mengapa akhirnya aku menyalakannya
Yang setelah kupikir-pikir, ah lebih baik aku mencoba menulis saja
Dan, ya beginilah akhirnya, tidak ada satu pun yang berhasil kulakukan

Satu jam lewat tiga puluh menit
Selama itu aku memaksakan diri untuk melakukan sesuatu yang kupikir
bisa kujadikan alasan atau bahkan akhirnya menjadi suatu tujuan
yang bisa membawaku
pada kepuasan menghasilkan sebuah karya
Tetapi tujuan itu tak pernah kutemukan dan tidak pernah ada tulisan yang dapat kutulis
Karena memang dari awal ku tekan tombol power on di komputer ini
tidak pernah ada tujuan yang ingin kucapai

No comments:

Post a Comment