Monday 11 January 2016

HARMONY?


Saya baru saja mengikuti sebuah tes karir online. Hasilnya, saya termasuk yang mereka katakan sebagai –harmonizer–. Harmony dalam Kamus Cambridge berarti when people are peaceful and agree with each other, or when things seem right or suitable together. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, harmoni berarti pernyataan rasa, aksi, gagasan, dan minat; keselarasan; keserasian.

Semua orang menginginkan situasi yang satu ini. Harmoni. Selaras. Serasi. Seimbang. Yang berlebihan itu tidak baik, bukan? Saya setuju. Kemudian saya menelaah kejadian-kejadian yang lalu dan... yang kemudian saya ketahui adalah... selama ini saya selalu dikelilingi oleh orang-orang yang baik. Bukan saya tidak mensyukuri nikmat itu, tetapi kembali pada konsep harmoni, keseimbangan, tidak berlebihan, saya jadi berpikir kalau orang-orang baik di sekitar saya bisa jadi adalah ujian bagi saya.

Ujian kebaikan yang pertanyaannya adalah, “Bisakah kamu menjaga kepercayaan dari orang-orang baik ini dan membalas kebaikan mereka dengan menjalani peran hidupmu dengan sebaik-baiknya?”.

No comments:

Post a Comment