Friday 20 March 2020

"PERSALINAN MARYAM"



Penulis: 
Mugi Rahayu
Genre: 
Non-Fiksi/Islam
Penerbit: 
Pradita Utama (PrayU) Yogyakarta
Tahun terbit: 
2019
Tebal: 
236+ halaman

Sebagaimana judulnya, buku ini membahas proses persalinan Maryam binti Imran seperti tertulis dalam Al-Qur’an, tetapi buku ini bukan tafsir melainkan sajian hikmah dari peristiwa tersebut. Pertemuan dengan buku ini terjadi tanpa sengaja. Tanpa saya mencari-cari. Seorang teman yang berjualan buku memposting status WA tentang pre order buku ini. Pas sekali momennya.

Saya baca buku ini karena memang sedang dalam masa-masa mencari dan mengumpulkan ketenangan dan kekuatan hati menghadapi persalinan yang insya Allah akan segera terjadi (Alhamdulillah saat tulisan ini saya posting, Anak Bayi sudah berusia 20 hari). Selain mendapatkan pengetahuan tentang hamil dan persalinan dari orang tua dan kerabat, saya juga membaca dari sisi ilmu pengetahuan, dan terakhir yang terpenting secara psikologis saya mengumpulkan keberanian dengan bacaan seperti buku ini.

Menurut saya, buku semacam ini sangat penting untuk mengimbangi beragamnya informasi seputar kehamilan dan persalinan yang dapat dengan mudah kita dapatkan di internet. Terkadang karena banyaknya informasi itu, kita jadi bingung atau bahkan tambah khawatir karena tanpa sengaja membaca tentang kasus-kasus dalam kehamilan dan persalinan. Sementara itu bagi saya, buku ini dapat menetralkan kembali perasaan dan pikiran saya sebab buku ini membahas dari segi hikmah Al-Quran. Tulisan ini kembali mengingatkan bahwa segala sesuatu itu terjadi hanya atas ijin Allah semata. Bahwa menjadi seorang ibu dan segala proses yang dilaluinya adalah bentuk jihad seseorang yang terlahir sebagai perempuan. Bahwa berpasrah, tawakkal, percaya kepada Allah adalah senjata paling ampuh setelah segala upaya untuk mendapatkan ketenangan, kekuatan, dan keberanian menghadapi apapun yang harus dilalui. Sebagai seorang muslim afirmasi positif seperti yang tertulis dalam buku ini yang memang sedang saya butuhkan saat itu.

Dari segi penulisan, buku ini enak dibaca, mungkin karena merupakan penuturan dari seorang ibu yang juga seorang bidan. Sayangnya, masih banyak kesalahan ketik alias typo dan ada dobel paragraf. Walaupun tidak mengurangi esensi dari isi tulisan, tetapi bagi saya cukup mengganggu saat membaca.

Saat akhirnya saya menjalani proses melahirkan secara normal atas ijin Allah, saya belum selesai membaca buku ini. Tetapi Alhamdulillah bagian tulisan yang penting dalam menghadapi persalinan sudah sempat saya lahap dengan nikmat. Saya mencoba terus mengingat sosok wanita suci Maryam yang melahirkan Isa tanpa bantuan siapapun, hanya dibersamai oleh Jibril, tetapi begitu sabar bahkan dalam kondisi difitnah oleh kaumnya. Alhamdulillah, berkat sempat mengisi pikiran saya dengan membaca kisah Maryam ini, setiap rasa yang indah menjelang dan saat persalinan bisa saya hayati dan berakhir dengan syukur luar biasa. Masya Allah.

11 hari menjelang persalinanku

Sekarang bukunya sudah selesai saya baca. Boleh banget lho kalau ada yang mau pinjam atau bisa membeli melalui akun instagram: kutukubukujogja.

Selamat belajar, Moms..

#persalinanmaryam
#ibuhamil
#bumil
#ibudanbayi

No comments:

Post a Comment