Tuesday 17 March 2015

"BUKU INI TIDAK DIJUAL"


Penulis                : Henny Alifah
Genre                  : Novel
Penerbit             : INDIVA
Tahun terbit      : 2015
Tebal                   : 192 halaman 

Buku karya penulis muda asal Ngawi ini adalah pemenang 1 Lomba Menulis Novel Inspiratif (LMNI) yang diadakan penerbit INDIVA tahun 2014.
Cerita dalam novel ini mengajak kita ikut berpetualang bersama Gading untuk mencari buku-buku milik ayahnya yang dijual sang kakek ke pengumpul barang bekas. Gading dan sepupunya pun harus menghabiskan waktu seharian penuh untuk mengejar beberapa karung buku itu. Dalam perjalanan satu hari itulah mereka bertemu orang-orang baru, mengalami kejadian tak terduga, dan menyadari banyak hal penting sehari-hari yang terlupa.
Penulis bisa meramu pesan-pesan positif yang ingin disampaikan dengan bahasa yang enak dibaca. Meminjam istilah Afifah Afra dalam komentar di sampul buku, pilihan katanya efektif dan segar. Tak lupa diselipkan pula dialog dan istilah yang terasa sekali Jawa Timurannya. Penggambaran setting ceritanya juga bisa membuat kita membayangkan keadaan sekitar Ngawi yang masih dikelilingi sawah dan pepohonan.
Pesan positif banyak dimasukkan dalam dialog tokoh dan narasi. Seperti dalam percakapan tokoh Doni dan Gading berikut.
“Ah, pokoknya, kan, dirimu mati dalam sebuah perjalanan menuju kebaikan. Bukan dalam kondisi mabuk atau judi…”
Buku ini cocok dibaca remaja dan dewasa. Tapi mungkin kurang pas bagi yang suka novel teenlit yang berbahasa gaul khas anak muda.

No comments:

Post a Comment